4 Hal yang Perlu Dihindari Saat Hujan

Di Indonesia, musim hujan akan datang pada bulan September sampai April. Jadi, bisa disimpulkan bahwa pada bulan ini negara kita pasti akan sering diguyuri oleh derasnya hujan. Hujan merupakan rahmat dari Allah SWT, oleh karenanya kita harus mensyukurinya, akan tetapi hujan juga bisa menjadi bencana bagi beberapa orang.

4 Hal yang perlu dihindari saat hujan
4 Hal yang Harus Dihindari


Ketika hujan, air turun biasanya akan ditemani oleh merdunya suara ledakan dari langit dan sambaran petir. Hal ini sudah biasa bagi kita, tetapi, terdapat beberapa hal yang bisa membuat anda celaka jika anda melakukannya disaat hujan. Langsung saja disimak!

  1. Berjalan di Tanah Lapang, memang hal sepele, akan tetapi hal ini perlu anda hindari disaat hujan. Karena disaat kita berjalan atau berlari di tanah lapang, pasti tubuh kita adalah hal yang paling tinggi dari hal disekitar kita. Nah, ingat! petir suka menyambar hal yang lebih tinggi dari benda disekitarnya, atau bisa dibilang tertinggi.
  2. Memegang Tiang Konduktor, hal ini konsepnya sama dengan nomer satu, hanya saja perantaranya melewati tiang konduktor lalu akan disalurkan kepada kita. Hal ini juga tergantung dengan ketinggian tiang konduktor. Semakin tinggi tiang maka semakin tinggi pula resiko terkena petir.
  3. Berteduh di Pohon yang Besar, Pohon yang besar memungkinkan kita berlindung disaat hujan, sehingga kita tidak terkena air hujan, itukah yang anda pikirkan? Hal ini benar, akan tetapi berlindung di pohon yang besar sangat beresiko terkena sambaran petir. Karena tentunya pohon yang besar memiliki ketinggian yang labih dari benda disekitarnya, selain itu pohon merupakan konduktor yang baik. Sehingga hal ini sangat mendukung resiko terkena sambaran petir.
  4. Memegang Tangkai Payung, Payung merupakan alat yang sangat populer jika musim hujan datang. Banyak orang yang tertolong dari derasnya hujan karena adanya payung. Namun, beberapa orang menggunakan payung dengan cara yang salah. Sekarang coba kita teliti bagian-bagian payung. Cara memegang payung yang benar adalah memegang ujung payung yang berbentuk U dan berbahas Isolator, namun kenyataannya banyak orang yang masih memegang tangkai payung.

    Hal ini tentunya sangat berbahaya, karena biasanya pada bagian paling atas payung terdapat sebuah ujung yang lancip berbahan konduktor (tetapi tidak semua payung). Benda yang lancip beresiko terkena sambaran petir. Sedangkan tangkai dari payung juga terbuat dari konduktor. Sehingga, jika ujung payung yang lancip terkena petir, maka kita juga akan terkena. Itulan guna dari pegangan payung berbentu U yang berbahan isolator.
Meskipun dapat merugikan kita, jangan sekali-kali mencela hujan, karena hujan juga sangat banyak manfaatnya. Jadi ingat! Jangan lupa bersyukur! Sekian dari saya, terima kasih.

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Muhammad Afif
AUTHOR
February 4, 2015 at 10:13 PM

Jangan sering kehujanan seperti sedang bawa motor, nanti diserang flu hehe :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
February 5, 2015 at 2:18 PM

Iya gan, bener juga sih. kenapa saya gak kepikiran ya.. @@, Intinya, jangan hujan2an :D

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung!
*Tolong jangan ngespam ya..!
*Jangan sertakan link aktif!
*Berkata-kata yang sopan ya!
*Jangan promosi di sini!
Semoga postingan kali ini bermanfaat!

ConversionConversion EmoticonEmoticon