Tujuan & Proses Nyamuk Menghisap Darah

"Mengapa nyamuk menghisap darah?" Pernahkah anda menjumpai pertanyaan diatas? Saya yakin anda pernah mendengarnya. Apakah anda menjawabnya? Jika iya apa jawaban anda?

proses Penghisapan darah
 Nyamuk Ketika Menghisap Darah


Terkadang kita sering mendengar berbagai pertanyaan yang kita anggap sepele dan mudah dijawab, padahal sebenarnya hal yang anda anggap sepele itu penting bagi mereka yang bertanya. Seperti pertanyaan diatas, saya sering mendengar jawaban yang salah dari pertanyaan diatas.

Dari pertanyaan diatas, banyak orang menjawab bahwa "nyamuk menghisap darah karena darah adalah makanan nyamuk" hal ini salah besar! Jadi, mari kita luruskan hal ini.

Makanan Nyamuk yang Sesungguhnya

Pada dasarnya nyamuk lebih suka memakan nektar dari bunga atau sari buah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa nyamuk betinalah yang menghisap darah manusia, jadi bisa ditentukan bahwa nyamuk jantan tidak menghisap darah manusia.

Alasan Menghisap Darah

Lalu, kalau bukan merupakan makanan nyamuk, darah yang dihisap nyamuk betina buat apa? Jadi begini, sebenarnya nyamuk betina menghisap darah manusia untuk mendapatkan kandungan protein amino dalam darah.

Kandungan protein amino yang sudah dihisap oleh nyamuk betina akan dibutuhkan nyamuk betina disaat bertelur. Oleh karena itu banyak nyamuk betina yang sangat gigih mendapatkan setetes darah dari manusia.

Proses Penghisapan

Disaat nyamuk menempel di kulit anda, nyamuk dengan segera akan menyuntikkan sebuah alat istimewa yang dapat menembus lapisan kulit anda! Dan menemukan urat darah yang dicari oleh nyamuk. Alat ini disebut probosis!

Setelah urat darah yang dicari ditemukan, si nyamuk akan langsung menghisap darah yang ada sampai perutnya dipenuhi darah. Sehingga terkadang nyamuk kesulitan untuk membawa perutnya sehingga kesusahan ketika terbang.

selama proses penghisapan, nyamuk juga mengeluarkan cairan yang membuat darah kita tidak bisa membeku. Oleh karena ini si nyamuk dapat bebas menghisap darah tanpa khawatir darah akan beku. Ketika hal ini terjadi, tubuh juga akan merespon dan mengeluarkan antibodi. Hal inilah yang dapat membuat rasa gatal pada kulit!

Sekian, semoga postingan kali ini dapat menambah wawasan anda mengenai nyamuk.
Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
September 17, 2015 at 9:08 AM

oh jadi buat bertelur ya, wah nyamuk ini contoh ibu yang baik, bertaruh nyawa demi telurnya, jadi kasihan suka ditepukin... hahaha

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung!
*Tolong jangan ngespam ya..!
*Jangan sertakan link aktif!
*Berkata-kata yang sopan ya!
*Jangan promosi di sini!
Semoga postingan kali ini bermanfaat!

ConversionConversion EmoticonEmoticon