Kiat Sukses di Sekolah untuk Anak (Bagian 2)

Sebelumnya saya telah memposting artikel yang bertema sama yaitu Kiat sukses di sekolah untuk anak.

Sebagai orang tua yang baik, kita harus tau bagaimana cara membantu anak dalam belajar dengan benar. Sehingga waktu, tenaga, dan biaya yang sudah diberikan kepada anak tidak akan sia-sia, melainkan kan membuahkan hasil yang positif bagi perkembangan kecerdasan anak agar sukses di sekolah.

Sukses di sekolah
Sukses di Sekolah
Ingat! Dengan bantuan positif kepada anak maka hasilnya akan positif pula, begitu juga sebaliknya. Dengan kerja keras yang sungguh-sungguh dalam membantu anak, maka hasilnyapun akan memuaskan.

Berikut adalah beberapa cara membantu anak sukses di sekolah :

Bantulah Anak untuk Menjadi Diri Sendiri. Menargetkan harapan yang tinggi dapat mengatasi segala rintangan. Mengharapkan kesuksesan dapat menjadi ramalan yang memuaskan diri anda.

Bersikap Fleksible dan Realistis. Mengharapkan anak agar sukses di sekolah haruslah bersikap realistis. Hadapilah segala masalah dan carilah jalan keluarnya. Bila anda telah siap, anda tak akan mengalami kekecewaan.

Menerima Anak Apa Adanya. Pada saat anak anda tidak mencapai hasil sesuai harapan, ingatlah bahwa anak anda tidaklah buruk, malas atau bodoh. Hanya ia masih terlalu muda!

Kenali Potensi Anak. Jangan biarkan orang lain yang menentukan potensi anak anda, dengan begitu anda akan dapat memahami anak anda dengan baik.

Pendekatan Memperbanyak dan Mengurangi. Membantu kesuksesan anak anda di sekolah sebenarnya lebih kepada masalah "memperbanyak atau mengurangi" :

  • Perbanyak mendengar, daripada menceramahi
  • Perbanyak bertanya, daripada mengomel
  • Perbanyak memuji, daripada mencari kesalahan
  • Perbanyak memberi saran, daripada memberi nasehat.

Bantulah Anak agar Sukses. Sukses anak di sekolah adalah tanggung jawab semua anggota keluarga. Tidak seorang anak pun dapat melakukannya sendiri. Pastikan semua orang bersedia membantunya.

Jadilah Contoh yang Baik untuk Anak. Dalam segala hal yang anda lakukan untuk meningkatkan sukses sekolah anak anda, cobalah untuk menjadi contoh daripada mengkritik.

Jadilah Pendengar yang Baik. Terkadang cara yang paling baik untuk membantu kesuksesan anak anda adalah dengan selalu bersedia untuk mendengar.

Selalu Ingat Tujuan Jangka Panjang. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari baik saat senang maupun sulit, ingatlah akan tujuan jangka panjang pendidikan anak anda. Hal ini akan membantu anda menciptakan seorang yang sukses kelak.

Kerja Keras adalah Sukses. Tanamkan sikap menerima bahwa kerja sama dengan sukses!

Biarkan Anak Berusaha Sendiri. Jangan selalu meminta atau mengharapkan bantuan untuk anak anda, anak akan tumbuh kuat jika ia selalu berusaha untuk melakukannya sendiri, bukan dengan cara segalanya telah dikerjakan untuk mereka. Tanamkanlah sikap berusaha sendiri kepada anak anda.

Hindari Memberi Uang untuk PR. Anda tidak dapat membeli kesuksesan di sekolah. Jangan pernah memberikan uang sebagai penghargaan pada anak anda untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya. Hal ini akan menghasilkan seorang anak yang manja. Bukan seseorang yang gigih.

(Robert D. Ramsey, Ed. D)
Demikian postingan saya kali ini, semoga dapat membantu anda
Previous
Next Post »

Terima kasih telah berkunjung!
*Tolong jangan ngespam ya..!
*Jangan sertakan link aktif!
*Berkata-kata yang sopan ya!
*Jangan promosi di sini!
Semoga postingan kali ini bermanfaat!

ConversionConversion EmoticonEmoticon