Kiat Sukses di Sekolah Untuk Anak (Bagian 1)

Kali ini saya memposting tentang cara untuk mensukseskan anak dalam sekolah. Terkadang banyak orang tua bingung bagaimana cara membantu anak belajar dengan benar, membantu anak dalam belaja haruslah dengan cara yang benar sehingga hasilnya akan memuaskan.

kiat sukses di sekolah
Sukses di Sekolah


Anak jaman sekarang berada di era informasi (internet, SMS, TV kabel, parabola, dan puluhan stasiun televisi) yang jauh berbeda dengan era anda belajar dulu. Pujian yang tepat terhadap anak tidak akan membuatnya menjadi besar kepala, tetapi akan membuatnya tahu bahwa ia melakukan sesuatu yang benar. Sebaliknya, membanding-bandingkan anak dengan anak lain yang lebih pintar akan menimbulkan rasa patah semangat, kecil hati, bahkan bisa membuatnya malas untuk sekolah. (Prof. Dr. Sarlito Wirawan Sarwono).

Dibawah ini, saya telah merangkum beberapa tips bagi orang tua tentang bagaimana cara membantu anak dalam belajar sehingga anak bisa mendapat hasil yang maksimal di sekolah.

Usaha Serius Menentukan Keberhasilan di Sekolah. Anak-anak anda dapat memperoleh pendidikan sesuai dengan yang anda inginkan, semua itu dapat dicapai dengan kerja keras, upaya yang ekstra, pilihan-pilihan yang sulit, pengorbanan dan sikap tegas. Apabila tidak, kesalahan mungkin saja terjadi pada beberapa guru tetapi alasan yang sebenarnya adalah anda belum berusaha dengan sangat baik untuk dapat mewujudkannya.

Hindari Memanjakan Anak. Terlalu mencintai anak-anak dengan memanjakannya akan membuat mereka menjadi sesorang yang kurabf dari kemampuan mereka yang sesungguhnya.

Penuhi Kebutuhan Anak-anak. Untuk berhasil di sekolah,anak-anak membutuhkan: struktur, disiplin, rasa hormat, tantangan, pengakuan, kesempatan, pilihan, kesempatan kedua, sikap memaafkan, dan cinta. Mencari cara untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut merupakan salah satu peran sebagai orang tua.

Selalu Berusaha untuk Mencari Jalan Keluar. Sepintar apapun anak anda, jangan mengharapkan mereka selalu mendapatkan nilai yang tinggi. Bersikap kaku, dan pengharapan yang tidak realistis menyebabkan anak merasa mereka merasa harus mencapai standar yang mustahil untuk mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. Tugas anda adalah membantu anak-anak anda menjadi diri mereka sendiri. Itulah cara terbaik mereka untuk belajar.

Selalu Siap untuk Bertanggung Jawab. Apabila anda ingin mendapat pujian atas kesuksesan anak anda disekolah, anda juga harus siap menerima tanggung jawab atas kesalahannya.

Berkerjasamalah dengan Baik. Kesuksesan di sekolah adalah suatu keputusan. Anda dan anak anda dapat mewujudkannya dengan bekerja sama.

Hindari Bersikap Keras. Sukses di sekolah merupakan tujuan yang utama. Namun tidak demikian dengan perfeksionisme. jangan bersikap terlalu keras terhadap anak ataupun terhadap diri anda sendiri. Biarkan anak berkembang sesuai dengan kemampuannya.

Kegagalan Hanyalah Sebuah Peristiwa. Apabila anda tidak dapat memenuhi target penjualan atau gagal dalam mendapatkan suatu peroyek, hal ini tidak membuat anda menjadi seseorang yang gagal. Apabila anak anda gagal disekolah, hal yang sama juga berlaku untuknya. Mengharapkan kesuksesan haruslah diimbangi dengan sikap memahami bahwa semua orang memiliki keterbatasan dan saat yang tidak menguntungkan

Pujilah Anak Secara Sehat. Pujilah anak anda dengan jujur. Memuji karena hanya ingin menyenangkan hati, mengurangi nilai yang sebenarnya. Pujilah segala usaha yang telah dilakukan dan pencapaian yang telah mereka raih secara langsung dan spesifik.

(Robert D. Ramsey, Ed D)
Sekian dari saya terima kasih! Semoga bermanfaat! 
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar

Terima kasih telah berkunjung!
*Tolong jangan ngespam ya..!
*Jangan sertakan link aktif!
*Berkata-kata yang sopan ya!
*Jangan promosi di sini!
Semoga postingan kali ini bermanfaat!

ConversionConversion EmoticonEmoticon