Tips Sukses UN!

Beberapa bulan lagi kita akan menghadapi UN, untuk itu kita harus mempersiapkannya dengan baik untuk mencapai hasil yang terbaik yang bisa kita capai. Untuk mencapai hasil yang terbaik tentu tidak mudah, butuh usaha dan doa. Tapi yakinlah bahwa kita bisa sukses UN!

Sukses UN adalah hal yang sangat penting, karena dengan sukses dalam UN kita akan mudah mendapat sekolah kedepannya, maka dari itu janganlah bermain-main dengan UN.

sukses dalam UN
Sukses UN

Tips Sukses UN


Jangan Menunda Untuk Belajar

Ini sangatlah penting untuk bisa sukses dalam UN, karena dengan pemanfaatan waktu yang baik untuk belajar, maka semakin baik pula kesiapan kita untuk menghadapi UN. Hal ini terkadang dilupakan oleh seorang pelajar, mereka cenderung belajar sebulan sebelum UN atau seminggu sebelum UN, bahkan ada yang belajar sehari sebelum UN! Hal ini perlu diluruskan, karena materi yang diujikan dalam UN itu sendiri tidaklah sedikit. Jadi kesimpulannya, mulailah belajar dari sekarang!

Ketahuilah Materi yang Diujikan

Untuk mendapat nilai yang terbaik dalam UN, adakalanya untuk mempelajari materi yang diujikan dalam UN dan tidak keluar dari materi, karena dengan begitu, belajar kitapun menjadi lebih efektif dan tidak membuang-buang waktu.

Belajar dari Kelas Terbawah

Maksud saya adalah, saat mempelajari materi yang di UNkan, ada baiknya untuk memulai belajar dengan materi dari kelas paling bawah, karena dengan belajar dari kelas terbawah kita bisa lebih memahami pelajaran yang kita pelajari.

Memahami bukan Menghafal

Dalam beberapa bidang studi seperti Biologi, Fisika, & Matematika terkadang terdapat sebuah rumus atau sebuah pengertian yang harus kita ingat, banyak orang melakukan ini dengan menghafal, meskipun hal itu wajar akan tetapi, saya sarankan anda untuk Memahami dan bukan Menghafal, dengan memahami, kita tidak akan pernah lupa akan hal yang kita pahami, tetapi jika menghafal, ada saat dimana kita akan kehilangan hal yang kita hafal. Jadi untuk itu, marilah belajar untuk memahami, dan bukan menghafalkan!

Mengerjakan Soal Prediksi UN

stelah belajar ada baiknya untuk mengetes kemampuan kita, yaitu dengan mengerjakan soal-soal prediksi UN, dalam mengerjakan soal janganlah melihat buku pelajaran. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh kemajuan anda. Jangan sekali-kali melihat kunji jawaban (Kunci jawaban soal prediksi UN)

Ikuti Perkembangan

dengan berjalannya tahun, soal-soalpun akan semakin berkembang, oleh karena itu carilah soal prediksi UN yang baru atau terbaru! Jangan sampai anda belajar soal-soal 5 tahun sebelumnya. Karena bisa jadi soal-soal tahun ini beda jauh dengan soal-soal 5 tahun yang lalu. Oleh karena itu carilah soal-soal yang terbaru sehingga belajarpun akan efektif.

Jangan segan-segan Bertanya

Saat anda kesulitan dalam belajar janganlah malu untuk bertanya kepada guru, teman ataupun orang tua, karena hal yang anda ingin tanyakan tersebut mungkin akan berpengaruh kepada nilai UN kalian nantinya.

Jadwal Belajar yang Teratur

Buatlah jadwal belajar anda sendiri, jadwal belajar haruslah teratur, karena dengan teratur kita akan lebih mudah mengingat materi yang sudah kita pelajari. Hal ini juga tidak kalah penting karena dengan jadwal belajar yang baik maka belajarpun akan efektif, dan akan menghasilkan hasil yang baik juga.

Berdoa

Sangat wajib dilakukan, tanpa adanya do'a semua usaha kita akan sia-sia, karena hanya dengan ridho dari Allahlah kita dapat meraih sukses dalam UN! Hal-hal diatas tidak akan bekerja dengan baik tanpa Tips yang ke 10 ini.


Sekian dari saya, semoga anda dan saya sendiri sukses dalam UN!
Semangat!
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
January 10, 2015 at 4:55 PM

bagi saya poni ke 4 yang paling utama kang, memahami bukan menghafal...
moga lulus dengan cara seperti diatas...

oia ada ngak tip untuk nembak cewek?? huahahahaha

salam Idblogschool.. :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 10, 2015 at 5:01 PM

Bagi saya semuanya penting, dan membentuk satu kesatuan mas...
Iya mas Amiin..
Nembak cewek? saya aja belum pernah pacaran :v

Reply
avatar
sulistio
AUTHOR
January 15, 2015 at 8:34 PM

ahh ujian UN gada greget gregetnya om ;)
ujian masuk kuliah baru greget om :ng wakakakakaaaaa

main main juga ke blog ane dong om http://tips-sulis.blogspot.com =D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
January 16, 2015 at 5:47 AM

Meskipun gak greget, kita kan juga harus berusaha mas :p

Reply
avatar

Terima kasih telah berkunjung!
*Tolong jangan ngespam ya..!
*Jangan sertakan link aktif!
*Berkata-kata yang sopan ya!
*Jangan promosi di sini!
Semoga postingan kali ini bermanfaat!

ConversionConversion EmoticonEmoticon